Cara mengecek Smartphone yang Support USB OTG

OTG adalah singkatan dari On The Go yang merupakan fitur USB yang menjadikan smartphone maupun tablet Anda dapat tersambung (connect) secara langsung dengan flash disk, pen drive, mouse, keyboard atau penyimpanan eksternal lainnya melalui kabel OTG. Dengan menggunakan kabel OTG, maka Anda bisa mengkopi, memindahkan, menghapus atau membaca file-file dalam flash disk Anda misalnya secara langsung melalui perangkat kesayangan Anda itu.Tapi sayangnya tidak semua smartphone android atau tablet mendukung fitur ini.

Nah, sebelum Anda memutuskan membeli kabel OTG untuk perangkat Anda itu, ada baiknya jika Anda mengecek terlebih dahulu apakah perangkat Anda mendukung fitur USB OTG ini. Anda bisa bertanya pada om google sesuai merk dan seri perangkat Anda atau meneruskan membaca tulisan ini untuk tahu bagaimana cara mengecek smartphone yang support USB OTG.

Caranya sederhana saja, Anda hanya tinggal mendownload dan menginstall aplikasi bernama "USB OTG Checker" pada perangkat anda. Setelah berhasil install, lakukan langkah-langkah berikut:
  1. Buka Aplikasi "USB OTG Checker"
  2. Pilih "Check Device OS on USB OTG"
    pilihan USB OTG Checker

  3. Tekan tombol "Check" dan dalam waktu yang cukup singkat Anda akan segera mendapatkan hasilnya
    Check OTG
  4. Dari hasil yang diberikan oleh aplikasi ini, jika perangkat Anda tidak terdapat OTG API maka gadget Anda tidak memiliki fitur USB OTG. Namun jika gadget Anda memiliki OTG API seperti gambar di bawah ini, maka selamat! gadget Anda memiliki fitur USB OTG.
    Hasil OTG Checker
Perlu diingat, gadget Anda bisa jadi tidak mendukung kebanyakan USB drive yang ada karena kebanyakan perangkat USB seperti hard disk eksternal membutuhkan 5V DC secara penuh. Selain itu, perangkat lain sperti flash disk, pen drive, mouse, keyboard atau handphone yang tersambung dalam mode mass storage akan bekerja baik-baik saja tanpa kendala.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara mengecek Smartphone yang Support USB OTG"

Post a Comment